PROFIL SEKOLAH
a. Nama Sekolah : SMA NEGERI 10 SEMARANG
Status NEGERI
b. Alamat Sekolah :
Provinsi : Jawa Tengah
Kab. / Kota : Kota
Semarang
Kecamatan :
Genuk
Desa :
Kelurahan Gebangsari
Jalan :
Jl. Padi Raya No. 16 Genuk Indah
Kode Pos :
50114
Telpon / Fax :
(024) 6594078 – 70781311 / (024) 6594078
E-mail / website : sman10-smg@yahoo.co.id
/ www.sman10-smg.sch.id.
c. Nomor
Rekening :
Nama Bank :
BNI
Kantor :
Cabang UNDIP Semarang, capem Gayamsari
( cabang atau unit sebutkan )
Alamat Bank : Jl. Majapahit No Semarang
Telepon Bank :
(024)
Nama Pemegang Rekening
1)
Mulyati,
S.Pd.,M.M. Jabatan Kepala Sekolah
2)
Eko
Budiyanti, S.Pd. Jabatan Bendahara.
1. Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
a.
Visi
Santun Dalam
Pribadi, Tangguh Dalam Prestasi
Santun dalam pribadi : Memiliki sikap, perilaku dan moral yang sesuai dengan
kultur budaya bangsa.
Tangguh dalam
pribadi : Memiliki kekuatan,
kemampuan dan daya saing, baik yang bersifat akademis maupun non akademis untuk menghadapi
persaingan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk memasuki dunia
kerja.
b.
Misi
1.
Meningkatkan Imtaq Dan Iptek Siswa
2. Meningkatkan Kedisiplinan,
Sikap Toleransi Dan Hubungan Yang Harmonis Antar Warga Sekolah.
3. Meningkatkan Layanan Belajar
Siswa Dengan Kemampuan Optimal Dibidang Akademik.
4. Meningkatkan Layanan
Pendayagunaan Laboratorium Dan Perpustakaan Sekolah.
5.
Mengembangkan Layanan Bakat Dan Minat Siswa Melalui
Kegiatan KIR, Olimpiade Mata Pelajaran
Dan Ekstra Kurikuler.
6.
Mengembangkan
Kegiatan Ketrampilan, Kecakapan Hidup Dan Kewirausahaan.
c.
Tujuan
Sekolah
1.
Meningkatkan
Sarana dan Prasarana untuk Kegiatan Belajar Mengajar guna peningkatan mutu.
2.
Meningkatkan
profesionalisme guru tenaga pendidik dan kependidikan.
3.
Meningkatkan
prestasi hasil belajar
4.
Menunjang
pelaksanaan program sekolah untuk peningkatan mutu.
2. Identifikasi Tantangan Nyata yang Dihadapi
Sekolah
a.
Kehidupan
global yang menuntut kesiapan.
b.
Kurangnya
Sarana dan Prasarana untuk menunjang Kegiatan Belajar Mengajar.
c.
Guru
belum maksimal dalam pengembangan profesi.
d.
Kondisi
ekonomi orang tua yang kurang.
e.
Lingkungan
sekolah yang kurang kondusif.
3. Sasaran / Tujuan
Situasional Sekolah
a.
Peningkatan peran serta orang tua, siswa / masyarakat.
b.
Peningkatan profesionalisme tenaga pendidikan dan
kependidikan.
c.
Peningkatan prestasi siswa.
4. Identifikasi Fungsi – Fungsi Sasaran
Sasaran ke 1
No
|
Fungsi
|
Fungsi
Internal
|
Fungsi
Eksternal
|
1.
|
Kelengkapan Sarana dan Prasarana
|
Kelancaran Kegiatan Belajar mengajar
|
Meningkatkan peran serta orang tua dalam kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar
|
2.
|
Peningkatan Profesionalisme
|
Terdapat peningkatan profesionalisme dan kinerja tenaga pendidik dan
kependidikan
|
Meningkatkan mutu/profesi
|
3.
|
Peningkatan prestasi siswa
|
Peningkatan hasil belajar
|
Meningkatkan prosentase siswa yang di terima di Perguruan Tinggi
Negeri
|
5.
Analisis SWOT ( Analisis Tingkat Kesiapan Fungsi )
Sasaran ke 1
FUNGSI DAN
FAKTORNYA
|
KRITERIA
KESIAPAN
|
KONDISI NYATA
|
TINGKAT
KESIAPAN
|
||
SIAP
|
TIDAK
|
||||
A.
|
Fungsi Proses Belajar Mengajar
|
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
a.
Administrasi
Guru
b.
Input siswa
c.
Pemanfaatan
media
|
a. 100 %
b.
c. 100 %
|
a.94,4 %
b.rata 3%
c. 50%
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
2. Faktor eksternal
a. Lingkungan sekolah
b. Kepedulian Orang tua
|
a. tidak
banjir
b. 100%
|
a. jalan rusak
b. sering banjir
|
Peluang
|
Ancaman
|
|
B.
|
Fungsi Pendukung Ketenagaan
|
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
a.
Tenaga Laboran
b.
Tenaga Guru
c. Tenaga Staff
|
a. 5
b. 54
c. 12
|
a. 1
b. 54
c. 12
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
|
2.
Faktor
eksternal
a. Pengawas SMA
b.
Komite Sekolah
|
a.
b.
|
a.
b.
|
Peluang
|
Ancaman
|
C.
|
Fungsi Pendukung sarana / prasarana
|
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
a.
Faktor
alat-alat Laboratorium.
b.
Faktor
Olahraga
|
a.
b.
c.
|
a.
b.
c.
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
|
2.
Faktor
eksternal
a.
jalan
b.
Transportasi
|
a.
b.
|
a.
b.
|
Peluang
|
Ancaman
|
D.
|
Fungsi Pendukung Pembinaan / Pelatihan
|
|
|
|
|
|
1. Faktor Internal
a.
IHT
b.
PTK
|
a. 100 %
b. 100 %
|
a. 95 %
b. 95 %
|
Kekuatan
|
Kelemahan
|
|
2.
Faktor
eksternal
a. Tutor
|
a. 100 %
|
a. 100 %
|
Peluang
|
Ancaman
|
6. Alternatif Langkah – langkah Pemecahan Persoalan
a.
Meningkatkan
pembuatan administrasi guru (perangkat PBM).
b.
Memberikan
pelatihan kepada para guru dalam penguasaan Informatika dan Teknologi.
c.
Mempromosikan
sekolah melalui kegiatan perlombaan ditingkat Lokal, Nasional dan Internasional.
d.
Mengikutkan
para guru untuk mengikuti forum ilmiah, seminar dan TOT.
7.
Rencana dan Program Peningkatan Mutu
Sasaran 1 : siswa dan guru
Rencana 1 : tambahan sarpras dan peningkatan mutu
Program
Kerja
Program
Kerja 1 : tambahan sarpras
Rincian
Program
1) Tambahan sarana pendukung PBKL
2) Pengembangan Teknologi PBKL
Program
Kerja 2 :Pengembangan Potensi Siswa
Rincian
Program
1). Pembuatan lahan di pekarangan
siswa
catatan :
Program-program
dan rincian program yang tercantum pada format lampiran ini harus sama dengan
yang tertulis di format RAPBS pada kolom uraian program kerja.
Semarang
.......................2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar